Subscribe:

Ads 468x60px

Beranda

Kamis, 03 Maret 2011

Status Sosial Masa Kini

Pas gue lagi boker dan sambil baca buku, gue ngeliat-liat lembar demi lembar. Yang gue baca itu buku pelajaran sosiologi, dan gue juga udah tau isi bukunya, yaitu tentang stratifikasi sosial. Kalo pada engga tau stratifikasi sosial itu apa, stratifikasi sosial itu semacem tingkatan/strata yang ada dikalangan masyarakat. Semakin stratanya diatas biasanya orang makin dihormatin, disegani, ditakuti bahkan disodomi, tapi yang sodomi gue bohong. Terus dibuku itu juga ditulis cara-cara mendapatkan status sosial, pertama, cara mendapatkan status sosial itu dengan garis keturunan. Kedua, perkawinan dan yang ketiga, lewat kerja keras atau usaha. Nah! Tinggal pilih nih mana yang bisa gue dapetin supaya status sosial gue naek.

Okeee! Dari yang pertama, menurut gue cara ini Cuma orang-orang yang super beruntung yang dapet. Caranyakan lewat garis keturunan. Gimana engga beruntung? Misalkan gue keturunan raja, pas gue brojol dari perut nyokap gue, gue pasti langsung dihormatin tanpa syarat. Sebenernya gue pengen banget pake cara ini supaya status sosial gue naek. Tapi gue tau, harapan gue lewat cara ini langsung sirna, karena gue Cuma orang keturunan padang (nyokap) dan jawa (bokap) yang sama sekali engga ada keturunan dari raja-raja, gue juga belom menulusuri nenek moyang gue sih, tapi gue sadar setelah ngeliat tampang bokap nyokap gue, kayaknya emang bener-bener absolute engga ada keturunanan raja, karena gue nganut adat padang yang matrilineal, gue jadi keturunan padang.


Bagi gue, cara yang pertama ini paling maknyus dalem dunia ini, soalnya pas gue brojol, selain dihormatin, omongan gue juga pasti di turutin sama manusia-manusia karena gue anak dari seorang raja. Gue ngebayangin kalo gue nabi isa, pas abis brojol gue langsung bias ngomong, pastinya gue bakal langsung nyuruh-nyuruh manusia.

“oe oe oe oe” suara gue yang baru brojol

(orang-orang pada hormat, pada takjub, push up, kayang, tiger sprong, etc)

“eh tolong garukin pantat gue”

“okee! Baik tuan muda, saya laksanakan perintah tuan muda”

UOOOOOOOUOOO! Betapa nikmatnya jadi seorang anak raja. Gue engga melakukan apapun langsung dihormatin tanpa syarat dan omongan gue dituritin. Tapi gue harus meninggalkan cara ini yang udah engga ada harapan. Selanjutnya cara yang kedua lewat perkawinan, mungkin cara ini yang paling engga banget, paling jijik deh menurut gue. Dapetin status sosial dengan cara perkawinan, misalkan gue ini orang biasa-biasa dan kawin sama pengusaha atau seorang permaisuri, otomatis status sosial gue naek dikalangan masyarakat. Gue bilang cara ini engga banget buat gue juga ada alesannya, mungkin ini alesan paling rasional yang gue pikirin kalo dapet status sosial lewat perkawinan.

Pertama, cara ini hanya bisa dilalui sama orang ganteng dan cantik, menurut gue. Kalo orang mukanya pas-pasan mah susah pake cara begini. Orang-orang yang tajir dan berstatus sosial tinggi pasti milihnya orang yang ganteng dan cantik (berstatus sosial rendah), terus dikawinin dan ada yang buat perbaikan keturunan, berhubung gue biasa-biasa aja dan engga ada istimewanya gue juga susah dapetin pake cara ini. Kedua, pasti yang kawin sama gue status sosialnya lebih tinggi dan pastinya gue bakal disuruh-suruh sama istri gue, gue paling males yang namanya disuruh-suruh dan yang paling ditakutin serta paling menyeramkan kalo gue disuruh kuras bak mandi pake sedotan aqua, berak berdiri dan nyikat gigi pake pencukur jenggot. Gue engga bisa berkata-kata lagi kalo udah disuruh kayak gitu, EEERRRRGGGGHHHH. Dan yang ketiga, mening yang gue kawinin orang yang gue suka, kalo gue kawin Cuma karena hartanya dan supaya status sosial gue naek, gue bakal sakit hati kalo gue begituan sama orang yang gue engga suka, ogah banget deh. Mening gue hidup sederhana sama orang yang gue suka. YEEEAAAHHH!

Nahhh! Mungkin cara yang ketiga bagi gue cara yang paling bagus, tok cer dan dilalui oleh banyak orang, menurut gue. Ya! Caranya lewat kerja keras alias usaha. Jadi, gue ngedapetin status sosial lewat usaha gue supaya dihormati dan disegani oleh masyarakat. misalkan gue dari orang biasa-biasa aja lewat pendidikan yang gue tempuh dengan berlumuran darah gue bisa jadi sekjen PBB (perserikatan babi babi), otomatis karena gue jadi sekjen PBB, status sosial gue naek. Contoh yang laen, misalkan gue dari orang biasa-biasa aja, terus gue usaha minyak, dan usaha gue berhasil dan sekarang gue jadi pengusaha minyak tersukses, otomatis status sosial gue juga ikut terangkat. Nah! Cara ini yang paling mantebh.

Kalo dikeluarga gue dan juga diseluruh dunia mungkin cara menaikan status sosial bisa lewat kepinteran atau terpinter. Pernah ada pertanyaan adek gue yang mengancam posisi gue didunia ini. Adek gue bernama bagus setiawan. Dia manggila gue damang, “DA” dari kata UDA yang dari bahasa padang artinya kakak dan “MANG” dari kata NORMAN (gue mikir kayaknya engga ada nyambung-nyambungnya). Pas enak-enak gue lagi nonton berita yang ada di TV ONE tiba-tiba adek gue ngomong.

“damang, ganti film spongebob dong, nomer 10” kata adek gue

“ahh, berisik lo gus, sono-sono maen jauh-jauh” kata gue

(adek gue masih berusaha membujuk gue untuk ganti cenel ke globalTV, tapi gue masih bersih keras untuk nonton berita)

“damang kok nonton berita terus sih, engga enak tau, ganti spongebob aja, lagi seru nih.”

“ah, gue lagi nonton berita, maen sepeda aja sono lo gus”

“damang kenapa nonton berita terus?” Tanya adek gue.

“biar pinterlah dan gue jadi yang terpinter di bumi, jadi wawasan gue luas. HUAHAHHA” jawab gue.

“berarti kalo bagus nonton berita, bagus juga bisa jadi yang terpinter dibumi dong?”

(OHHHH GOD! Ternyata ada yang mau mengancam posisi gue dibumi ini jadi yang terpinter, yang lebih parahnya yang mengancam itu adek gue sendiri. Sialan sialan, *langsung fungsi biologis tubuh gue beradaptasi untuk menahan bahaya dari ancaman*)

“engga mungkin lah gus, elo engga bakal bisa jadi yang terpinter” jawab gue

“lah! Kenapa engga bisa jadi yang terpinter?”

“soalnya gue udah yang terpinter, kalo mau elo jadi terpinter yang kedua”

“ohhh! Yaudah, bagus jadi yang terpinter kedua”

YEEEAAAAHHHH! Dengan mudahnya adek gue menyerah dihadapan gue untuk menjadi yang terpinter HUAHHAHAHAH. Akhirnya, status sosial dan posisi gue aman dari marabahaya.

Gue juga pernah merenung sambil ngupil pas gue lagi maen pesbuk dan twitter, ternyata eh ternyata jejaring sosial juga bisa untuk menaikan status sosial walaupun bukan dunia nyata. Contohnya, sekarang lagi demam blekberi, pastinya anak gaul make yang namanya blekberi. Misalkan gue lagi maen twitter atau pesbuk, tiba-tiba ada yang buat status dan via blekberi. Secara ga sadar status sosial orang yang buat status pesbuk/twitter naek dan lebih punya practice. Padahal engga tau, bisa aja dia minjem punya orang, atau ketemu tengah jalan langsung update status, atau via blekberak. tapi mau gimana lagi dijaman globalisasi ini.

Game dota, YEEEAAAAHHHH! Mungkin ini satu-satunya game yang ngebuat status sosial naek, tapi naeknya Cuma dikalangan bestfriend gue. Peraturan dalam permainan dota, yang jago yang berkuasa alias dewa. Pertama kali gue maen dota pas gue diajak sama bestfriend gue namanya babang. Nah! Gue diajarin dota juga sama dia, pertama-tama maen gue selalu dibilang cupu, dihina-hina, lemah, keroco, etc. pokoknya kata-kata itu selalu ngebuat gue kesel. Setiap kali maen gue selalu kalah dan temen gue teriak. COPOOOOOOOO!

Emang kata copo ditelinga gue udah jadi makanan sehari-hari yang bikin gue kesel. Akhirnya gue belajar dota, karena IQ gue 170, gue super cepet belajarnya, maklum dota ini permainan strategi yang butuh kepinteran diatas rata-rata. Misalkan orang goblok mungkin maen dota bakalan stuck dan engga berkembang, menurut gue CUAKAKKAAKA. Setelah gue merasa gue udah dewa bermain dota, akhirnya gue maen lagi sama bestfriend gue. Alhasil, setiap team yang ada gue selalu menang. Dan gue selalu berkata sama team yang kalah COPOOOOOOOOOOOO! CUAKAKKAKAK. Itu mungkin ambisi balas dendam gue.

Akhirnya, temen gue izzan yang dipanggilnya ijan ngajak gue by1 karena dia capek selalu kalah sama gue dan gue katain COPOOOOOO! HAHAHA. Tapi siapa takut diajakin by1 dota, gue berkata dalem hati “apa dia engga sadar apa yang bakal terjadi kalo ngajak by1 gue”. Akhirnya gue sama ijan ngadu skill, gue emang selalu merendah pertama-tama, karena kalo gue kalah pas gue udah sombong gue bakalan dikatain lebih parah. Setelah gue merendah, eh ternyata dia yang belagu, dia bilang:

“lo yakin menang engga man by1 sama gue” kata ijan

(anjing, sok tau banget nih bocah, engga tau apa lo bakalan gue siksa nanti)

“yaelah jan, elo mah bakal gue buli-buli. Lo cupu gitu maennya”

Akhirnya, gue by1 sama dia. Perlawanan yang ijan kasih ke gue lumayan juga. Tapi karena gue disebut specialist by1, gue susah banget kalah kalo by1 sama orang. Alhasil, gue menang dari ijan dan ijan kalah, setiap gue ngebunuh hero dia, gue bakalan teriak COPOOOOOOOOO! HUAHHAHAHA. Pas udah maen sekali ijan masih kesel karena kalah sama gue dan dia ngajak gue maen sekali lagi.

“man, maen sekali lagi ayok, menang hoki lo tadi” kata ijan

“ah males gue lawan orang cupu, ngurangin skill gue lo” jawab gue

“anjing, sok tau lo sialan. Ayok maen sekali lagi, gue jamin lo kalah kali ini”

“udah belajar dulu sono lo yang bener, kalo udah jago baru nantang gue lagi”

Ijan makin kesel dan terus nantang gue, karena gue capek dia ngajak by1 ulang terus, akhirnya gue nurutin ajakan by1 ulang si ijan.

“nah! Gitu dong man, by1 lagi kita. Gue jamin lo kalah kali ini” kata ijan

(sok tau banget nih bocah, gue bantai lagi lo)

Akhirnya gue maen dota sama ijan lagi, gue pikir dia bakal belajar dari kekalahan. Gue udah bersiap-siap serius. Ternyata eh ternyata, emang gue specialist by1. Ijan gue kalahin dengan mudah terus gue teriak sekenceng-kencengnya COPOOOOOOOOOOO! AHHHHAA. Dan ijan sadar kalo engga bakal menang dari gue, tapi karena dia tau gue jago by1 dota, gue dibuat taroan sama temen-temen ijan, dan akhirnya profesi gue berubah jadi joki dota.

SALAM KEMAKMURAN!

1 comments:

Gilang Pratama mengatakan...

Blognya mayan bagus, saya suka bacanya :D kalo sempet mampir yak ke blog gue.. Tukeran link juga kalo bolee: http://babi-share.blogspot.com/

Posting Komentar