Subscribe:

Ads 468x60px

Beranda

Minggu, 13 Februari 2011

TV...

      Akhir-akhir ini gue heran banget sama berita infotaiment, Cuma di Indonesia lah presenter infotaiment begitu meyakinkan dengan pembawaannya, di tambah sorot mata tajam, seakan-akan yang di beritakan itu dunia yang mau kiamat. Pas gue amatin ternyata yang di beritain Cuma kambing yang ditemukan sama seorang artis, OHHH GOD! Tapi yang bikin gue engga tahan, gaya presenter ngebawaain acaranya.

“Pemirsa! tragedi ditemukannya kambing oleh ***** apakah pertanda buruk bagi yang menemukannya?”

“atau kambing itu pertanda baik? Apa yang terjadi setelah ***** menemukan kambing itu?”

“atau apakah kambing itu malaikat yang pura-pura jadi kambing? Atau ***** maling kambing. “

Kurang lebih kayak gitu pembawa berita infotaiment ngebawain acaranya, padahal informasi yang di bawa sama presenternyakan Cuma kambing doang. Bisa-bisanya ngebawain udah kayak hari ini mau kiamat. Pokoknya berita yang engga penting di bawain dengan kemasan sedemikian rupa kayak penting banget beritanya. Tapi yang lebih gobloknya, orang-orang (termasuk gue penulisnya) mau aja nonton acaranya.

 Sekarang TV, kalo gue umpamain media TV itu bagaikan guru yang lagi ngajar muridnya, TV itu secara engga sadar yang membentuk penontonnya, jadi penonton di bentuk jadi apa yang di inginkan oleh yang pembuat acara inginkan, misalkan pembuat acaran menayangkan sinetron percintaan, pastinya penonton bakal mau kayak yang sinetron tayangkan, dan dan selanjutnya gue sangat berterimakasih iklan-iklan di TV masih menayangkan produknya dengan benar, gue engga bisa ngebayangin tiba-tiba pepsodent meragain nyikat gigi pake kemoceng, nanti pasti penonton juga nyikat gigi pake kemoceng. Gue juga pernah jadi korban TV, waktu gue kecil gue seneng banget sama film superman, gue inget banget waktu itu gue abis nonton yang film superman. nah! kan superman bisa terbang. Pokoknya gue lagi ngumpul sama temen-temen gue di deket kali lagi ngeliatin ikan lele.

“Wah lelenya bangus ya, ada yang warna pink, ada yang warna item pekat” kata adam temen gue kecil.

“iya bagus, itu juga ada yang warna putih” kata gue

“eh liat deh ada yang kayak pelangi” kata adam (gue rasa itu bias cahaya)

“oh iya ambil-ambil tuh yang kayak pelangi”

(karena gue abis nonton superman gue mikir gue bisa terbang, langsung gue nyemplung , gue baru sadar, ternyata gue Cuma manusia biasa, langsung gue kecemplung di kolam lele, dan rasa di patil lele itu ternyata maknyusss, tapi hidup gue selamat gara-gara ada bapak si adam nyelamatin gue dari patil lele)

“man kok elo kok tiba-tiba loncat si” kata temen gue asep

“aaeee aaaaeee (gue nangis abis di patil lele) abis gue kira gue bisa terbang”

Gue baru sadar ternyata dari kecil gue udah segoblok itu. Bisa-bisanya lagi ngeliat-liat lele dengan santainya tiba-tiba nyemplung dan berpikir dapat terbang.
Secara engga sadar sinetron yang isinya nangis, marah-marah, ciuman, ngewe itu juga ngebentuk penonton (untung sinetron enggak ada yang sampe ngewe). Pemirsa! sesuram itukah tayangan di negeri ini?
Semenjak itu gue sadar kalo TV itu membawa psikologi kita jadi buruk, tentunya dengan tayangan yang buruk. Gue liat aksi pembunuhan, pelecehan seksual, terus tindakan-tindakan yang jauh lebih buruk di tayangin di TV. Akhirnya gue memutuskan untuk menghancurkan antena TV biar engga ada siaran dan keluarga gue bisa hidup damai, gue lupa ternyata eh ternyata antena yang gue pake antena luar. Karena gue engga pernah les manjat, gue mengurungkan niat gue untuk menghancurkan antena TV dan memulai mencari les memanjat, kemudian baru deh menghancurkan antena TV, YEEEAAAHHH!
Gue sering banget ngeliat nyokap gue nonton sinetron, malahan sampe nangis tersedu-sedu sampe beleknya keluar semua. Padahal udah jelas-jelas abis sinetron selesai ada pemberitahuan hanya fiktif belaka, bila ada kesamaan peran itu hanya ketidak sengajaan. Aaarrrrggghhh! Masih aja di tonton, yah tapi gue sadar sih, kalo itu wajar di indonesia, dan gue engga bisa nyalahin nyokap gue yang terpengaruh sama sinetron.
 Gue pernah ganggu nyokap gue yang lagi nonton sinetron.

“Ma nonton apaan sih? Kata gue”

“nih lagi nonton sinetron ultramen yang tertukar” kata nyokap gue.

“emang nih ceritanya tentang apa?”

“ceritanya, pas ultramen masih bayi, ketuker sama bayi yang laen,”

“oh gitu, jadi sekarang ultramen lagi nyari ibu kandungnya”

Pas lagi asik-asik nonton, gue ganti aja channelnya ke acara the jakarta lawyer clubs. Langsung deh nyokap gue marah-marah, gue langsung di setrap dan disuruh ngepel lantai dan nyikat kamar mandi. Eerrrrggghhh! Sinetron telah membuat gue kehilangan harga diri didepan nyokap gue.
Tapi gue punya strategi biar gue engga kena hukuman, gue sadar banget kalo nyokap gue seneng banget di puji (gue rasa semua orang). Gue punya rencana dengan memuji dia biar gue engga kena hukum , dan akhirnya harga diri gue kembali pulih, YEAAAAHHH! Pertama-tama gue liat nyokap gue masih terus nonton TV dengan asiknya, gue mulai dengan strategi memuji gue.

“Wah! Mah kalo norman liat-liat TV mama bagus ya.” Kata gue

“????” nyokap gue bingung.

Terus gue lanjutin sama aksi memuji gue yang kedua 

“wah! Ternyata kabel TV mama juga gaul banget”

Ternyata eh ternyata, gue di cuekin sama nyokap gue, malahan nambah disuruh masak aer. Jadi tugas gue ngepel, nyikat kamar mandi dan masak aer. Padahal kalo gue pikir-pikir pujian gue udah mantebh banget. Eh malah harga diri gue jatoh lagi. BERAK DICELANAAAA!
Akhirnya tekad gue udah mantabh banget, tujuan gue udah bulat, engga ada yang bisa mempengaruhi gue lagi untuk menghancurkan TV.  Gara-gara sebuah media gue hancur berkeping-keping. Gue memutuskan untuk membanting TV dan engga lagi mau manjat-manjat buat ngancurin antena TV (gue sadar kenapa engga langsung ngancurin TVnya). Lagi, lagi dan lagi kayak lagunya andra and the back bone, aksi gue buat ngebanting TV terhalangi lagi, sekarang karena gue takut gue bakal dimarahin sama nyokap gue, gue yakin walaupun gue ngejelasin sedemikian rupa, gue engga bakal di perbolehkan untuk membanting TV.
Di era digital ini emang susah banget untuk hidup tanpa teknologi, teknologi sudah begitu berkembang. Orang-orang mikir pasti dia engga bakal bisa hidup tanpa teknologi, udah kayak pasangan hidup, menurut gue sih.  TV juga engga selalu membawa keburukan, dia juga bisa membawa kebaikan. Misalkan TV menambahkan wawasan kita, TV memberi kita berbagai informasi. Sebenernya yang harus disalahkan dalam tayangan TV yang kurang baik itu, pemerintah yang engga bisa mengatur dan menyaring tayangan TV di tanah air ini. Kalo gue jadi jadi menteri kominfo, gue bakal bikin program seratus hari tayangan kuda lumping.
Gue juga engga ngerti kenapa gue nayangin program seratus hari tayangan kuda lumping, mungkin karena gue kagum sama kuda lumping. Coba bayangkan bila rakyat kita menjadi kuda lumping semua, semua rakyat makannya beling, terus paku-paku, besi tua dan logam-logam yang lainnya, dari makanan pokoknya beras jadi logam. UOOOOOUUU! Pasti mantebh banget, bangsa kita kuat, karena kita makan besi dan tulang kuat kayak besi. Soalnya ketahanan bangsa itu terbentuk dari ketahanan individu, kalo individu udah kuat kayak besi, pasti ketahanan bangsanya bagus, menurut gue.
Keuntungan kedua menjadi kuda lumping menurut gueyaitu, kita bisa melestarikan beras dan makanan pokok lainnya agar tidak punah (karena yang kita makan logam), dan kita bisa memberikannya pada anak cucu kita. Coba bayangkan kembali bila kuda lumping punah dari kebudayaan indonesia (orang-orang engga ngerti cara makan logam), dan orang-orang makannya beras dan makanan pokok lainnya, ketika makanan pokok kita punah, gimana nasib bangsa kita. Mulai sekarang ayo menjadi kuda lumping untuk anak cucu kita.
Ayo sekarang ikut aksi “realisasi program seratus hari tayangan kuda lumping”, YEEEAAAHHHHH!

SALAM KEMAKMURAN!

0 comments:

Posting Komentar