Subscribe:

Ads 468x60px

Beranda

Minggu, 17 April 2011

Burjo Aktivis..

Hari ini hari sabtu, tanggal xx xx xxxx, gue juga bingung hari ini pengen ngapain. Mungkin kalo gue jadi burung gue bakal terbang bebas kemana aja, sebebas-bebasnya seluas-luasnya dan seliberal-liberalnya. Namun gue sadar, gue bukan burung dan gue engga bisa jadi burung, tapi gue punya burung yang selalu nempel kemanapun gue pergi, ukurannyapun besar (menurut gue ini engga usah diceritain lebih lanjut), gua hanyalah manusia biasa yang mengikutin norma-norma dan nilai-nilai sosial yang ada di kalangan masyarakat. Kebetulan hidup gue kali ini bener-bener kurangin tidur banyakin ngopi. Yang kerjaannya kalo malem nongkrong di burjo sama temen-temen gue buat diskusiin segala hal dan pulang pagi yang ngebuat orang mikir gue itu ngelakuin yang engga-engga. Sampe-sampe tuh burjo gue namain burjo aktivis. Kalo elo engga tau burjo, burjo itu singkatan dari bubur kacang ijo, seperti warung makan.

“hey norman, kalo pulang jangan malem-malem, emang ngapain aja? Kamu ini bukannya malem-malem tidur malah keluyuran, kayak orang engga bener” kata bapak kost gue.

“bukan gitu mas, saya keluar….” Kata gue (langsung disanggah dan tak dihiraukan sama bapak kost)

“yah pokoknya, kamu jangan pulang malem-malem, engga enak sama tetangga. Di liatinnya nanti kamu berbuat apa-apa lagi”

“tapi mas”

“engga ada tapi-tapian, pokoknya harus nurut”

Misalkan elo pernah ketemu orang putih berkepala botak plontos, terus dia berlogat medok, berbadan pendekar (elo tau apa pendekar itu? Itu singkatan dari pendek dan kekar), asal nyeplas-nyeplos aja, dan dia menjadi penjaga  wisma pingli, nah itu mas gono, bapak kost gue, kalo elo ketemu dia, bilang salam kemakmuran sama mas gono, elo engga usah takut karena dia pasti kenal gue.
Jadi setelah gue dikasih wajengan sama bapak kost gue. Gue mikir, dan terbentuk di otak gue bahwa gue harus nurut sama yang dikatakannya, terus yang ada di pikiran gue (sialan banget nih bapak kost ngeganggu aktivitas gue. SIALAAAAAN!) Karena gue orang yang penurut, lagian gue yang notabennya tamu di daerah purwokerto ini harus ngikutin aturan-aturan yang ada di sini. Yaudah gue hidup normal kembali yang engga pernah begadang, jadi aktivitas gue Cuma nulis, terus baca buku, terus maen game dota, tanpa ada diskusi, karena gue diskusi itu selalu malem, kuliah, berak, makan, yah tau lah elo semua aktivitas biologis yang engga usah gue sebutin elo pun akan tau.
Tapi emang pada dasarnya kalo hal yang gue senengin bahkan gue juga mikir orang lain dilarang-larang terus gue dan orang-orang lain juga bakal jenuh dan cenderung melanggar. Akhirnya satu minggu berlalu dengan aktivitas gue yang itu-itu aja. gue bener-bener bosen dan engga tau tuh rasa bosen gue udah semana, kalo gue ibaratin kayak orang yang lagi nahan boker udah 5 jam, dan engga tertahan buat keluar alias di ujung tanduk. Gue mutusin buat begadang lagi mengikuti cara hidup gue yang kemaren-kemaren kurangin tidur banyakin ngopi, tapi pasti orang nanya kalo engga boleh diskusi malem-malem kenapa engga pagi-pagi atau siang-siang atau sore-sore aja gue diskusinya, gue juga engga tau, dan gue Cuma bisa jawab kalo gue diskusi malem-malem ya Karena begitu kenyataannya.
Hari itu gue diskusi sampe jam 3 pagi di burjo aktivis.

“bel, gue udah ngantuk banget nih, gue balik dulu ya” kata gue.

“ah culun banget lo balik jam segini. Banci aja baru keluar” kata ibel, kalo elo belom kenal siapa ibel, ibel itu temen gue yang satu organisasi sama gue yaitu HMI.

“dih culun, pokoknya gue balik”

“yaudah, hati-hati man di tengah jalan, dan tetap waspada”

“wokeh”

Sebenernya gue balik itu supaya, kan pas jam 3 itu orang-orang masih pada tidur, gue sih mikirnya gitu, walaupun pasti ada yang bangun. Tapi setau gue kalo bapak kost gue itu masih tidur jam 3 pagi.
Tapi hari itu, mungkin lagi ada setan yang bisikin tuh kuping bapak kost gue atau tiba-tiba dia dikasih wahyu sama malaikat atau dia dapet wangsit untuk bangun jam 3 pagi atau dia mimpi serem yang membuatnya bangun jam 3 pagi atau dia mimpi basah dimana dalam mimpinya udah muncrat pukul 3 pagi, pokoknya dia bangun jam 3 pagi. Dimana pada saat itu gue lagi menelusuri jalan untuk pulang kekostan. Sesampainya gue dikosan, Terus lo tau sendirilah dengan melihatnya mata bapak kost gue, gue pulang malem-malem, terus lo tau sendirilah dia berdakwah lagi dan memberi gue wajengan kembali, sambil gue dimarah-marahin sama dia.

“heh norman, kamu darimana?” kata bapak kost gue, mukanya itu udah kagak enak, kalo di ibarat buah, itu buah mengkudu, yang rasanya engga enak, tapi khasiat dari buahnya itu banyak banget.

“habis dari diskusi mas” jawab gue. Gue tahu, kalo gue jawab abis dari nongkrong gue bakal tambah dimarahin, makanya gue bilang abis diskusi, tapi memang keduanya bener, gue itu abis nongkrong sambil diskusi pada kenyataannya.

“udah saya bilangkan, walaupun diskusi kek atau ngapain kek, jangan pulang malem-malem”

“tapi mas saya jenuh daripada saya engga bisa tidur, waktu terbuang percuma”

“yasudah! Sekarang terserah kamu, saya udah capek bilangin kamu”

“okee”

Memang pembicaraan yang gue lakuin sama bapak kost gue itu berujung pada kecuekan bapak kost gue terhadap gue. Sebenernya kalo dalam hati gue, gue juga pengen nurut sama bapak kost gue, namun, gue jenuh dengan hidup gue yang terlalu dikekang.
misalkan elo ketemu bapak kost gue, sekali lagi salam buat bapak kost gue. Dan gue juga pengen bilang, wahai bapak kost ku yang udah perhatian sama gue, gue berterimakih sekali lagi, tapi satu hal, yang saya ingin bapak bener-bener tahu, bahwa ketika saya nongkrong malam hari, saya sama sekali tidak melakukan perbuatan kotor, misalnya free sex, minum alkhohol, bahkan tidak merokok, narkoba, ganja dan berbagai hal yang lain yang menurut saya perilaku tersebut sangat terbelakang. Kalo bapak ada disana mungkin bapak akan mengerti apa yang saya lakukan di burjo aktivis itu, saya hanya melakukan diskusi mungkin untuk kesejahteraan.

SALAM KEMAKMURAN!


0 comments:

Posting Komentar